Peran Pemasaran Dalam Perusahaan

    Strategi pemasaran dalam perusahaan memiliki strategi pemasaran 4P dalam menjalankan bisnisnya. Strategi pemasaran 4P adalah kumpulan strategi pemasaran yang terdiri dari :

1. Product (produk)

Produk adalah hal utama dalam melakukan bisnis. Semua aktivitas bisnis dimulai dengan produk.    Produk bukan hanya entitas fisik saja, tapi juga menangkap seluruh aspek berwujud dan tidak berwujud seperti : layanan, kepribadian, organisasi dan ide.

2. Price (harga)

Harga adalah nilai moneter yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh atau memiliki produk dari suatu perusahaan. Keputusan dalam penetapan harga harus diambil dengan hati-hati, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah. Jika perusahaan ingin menetapkan harga yang tinggi, perusahaan harus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan, agar para konsumen ingin membeli produk tersebut dengan harga tinggi. 

3. Place (lokasi)

Lokasi adalah tempat yang digunakan perusahaan untuk menentukan dimana letak produk itu akan dijual. Perusahaan harus menentukan lokasi dengan tepat, seperti di mall atau tempat yang ramai pengunjung. Biasanya, lokasi juga dijadikan tempat untuk pendistribusian atau proses ketika membuat suatu produk yang akan dijual, seperti restoran. 

4. Promotion (promosi). 

Promosi adalah bagaimana suatu produk akan dikenalkan ke pasar agar pelanggan tergerak untuk membelinya. Dengan melakukan promosi, tentu saja akan menarik perhatian para pelanggan. Promosi  dapat dilakukan suatu perusahaan dengan cara: membuat iklan ditelevisi atau brosur, promosi secara langsung dan promosi melalui sosial media atau internet.


    Menurut pendapat saya, concept product menjadi penting bagi suatu produsen dalam suatu bisnis, karena perusahaan menjamin bahwa jika menggunakan konsep ini mereka dapat menghasilkan produk dengan kualitas yang bermutu, terbaik dan lebih mencolok dibandingkan produk yang sejenis, sehingga produk yang dijual perusahaan ini dapat menarik para konsumen. 

    Konsep produk ini menggunakan kualitas produk sebagai keunggulan kompetitif yang paling utama untuk bersaing dipasar. Bahkan sekarang sudah banyak perusahaan yang menggunakan konsep ini karena dapat menciptakan produk atau jasa dengan kualitas premium dan tentu saja dengan jumlah yang terbatas. Konsep pemasaran ini dapat berjalan dengan baik, karena konsumen mungkin berpikir harus membeli produk ini jika tidak mau kehabisan. Walaupun harga yang digunakan konsep ini sangat tinggi, namun konsumen yang lebih mementingkan mutu dan kualitas, pasti akan berbondong untuk membeli produk ini.

    Produsen menggunakan konsep ini karena hanya menuruti kemauan atau selera produsen itu sendiri, mereka beranggapan bahwa konsumen akan menyukai produk yang mereka jual karena konsumen akan lebih memperhatikan mutu produk sebelum membelinya. Walapun harga yang dijual mahal atau sangat tinggi, namun produk yang dihasilkan mungkin dapat bertahan cukup lama karena kualitas yang digunakannya sangat baik. Oleh karena itu, produsen seringkali menganggap bahwa concept product itu penting untuk digunakan dalam menjalankan suatu bisnis.

Komentar

Postingan Populer